Benjolan di Leher, Salah Satu Gejala Kanker Tiroid

 

Hasil gambar untuk Gejala Kanker Tiroid

Metrotvnews.com, Jakarta: Jumlah penderita kanker tiroid semakin melonjak sejak tahun 1970-an. Wanita, khususnya, tampaknya yang paling berisiko terkena kanker tiroid. Karenanya, sudah saatnya Anda memperhatikan kelenjar tiroid Anda.

Meskipun benar bahwa diagnosis kanker tiroid sedang meningkat, namun biasanya yang sering diderita adalah tiroid papiler yang merupakan tipe paling tidak agresif.

Ada beberapa tanda kanker tiroid yang harus diwaspadai. Segera temui dokter jika menemukan beberapa tanda seperti berikut.

1. Benjolan di leher

Kelenjar tiroid terletak di bagian depan leher Anda. Benjolan yang tidak hilang sendiri dalam beberapa minggu harus diperiksa. Jika kanker tiroid sudah menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya, massa tiroid mungkin berada di sisi leher dimana kelenjar getah bening bukan di bagian depan dimana kelenjar tiroid berada.

2. Kesulitan menelan

Seiring berkembangnya kelenjar tiroid, bisa mengganggu kemampuan Anda untuk menelan. Seperti benjolan, jika masalah ini tidak hilang dalam beberapa minggu, mungkin menyebabkan pembengkakan di tenggorokan seperti pilek atau virus lain, dan kondisi ini harus segera diperiksa.

3. Perubahan suara

Kotak suara Anda berada tepat di atas tiroid. Jadi perubahan pada kelenjar bisa membuat Anda serak kronis.

4. Kesulitan bicara, makan, atau bernafas

Gejala ini mungkin tidak akan terjadi kecuali kankernya sudah semakin ganas. Tetapi, semua gejala membutuhkan perhatian medis segera.

Pilihan perawatan

Jika Anda mengalami kanker tiroid, pilihan pengobatan akan bergantung pada ukuran dan stadium tumor. Beberapa tumor yang memiliki kanker tiroid kurang dari 1 cm, mikro papiler kanker tiroid, dapat dibiarkan. Dokter akan menunda perawatan dan hanya melakukan ultrasound setiap 6 bulan untuk memastikan tidak ada perubahan.

Tumor yang lebih besar atau lebih agresif perlu segera dihilangkan. Namun, tidak perlu menghilangkan seluruh tiroid karena berisiko melukai kelenjar paratiroid terdekat yang mengendalikan keseimbangan kalsium dalam tubuh.

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s