Terlalu Sering Mengetik di Smartphone Dapat Memicu Arthritis

 

Gambar terkait

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi Anda yang terlalu sering mengetik di smartphone, sebaiknya mulai mengurangi intensitasnya untuk menghindari “smartphone thumb”, kondisi akibat terlalu banyak mengetik dan berpotensi menjadi arthritis.

Secara formal, kondisi tersebut disebut tenditis dan umumnya dialami para pekerja pabrik. Tenditis terjadi karena otot tendon melengkung dan melenturkan jempol hingga meradang.

Namun, karena terjadi peningkatan smartphone pada aktivitas keseharian, gangguan ini menjadi semakin sering terjadi pada warga Amerika beberapa tahun terakhir.

“Salah satu hipotesis kami adalah sendi menjadi semakin longgar dan terjadi pergerakan tulang secara berbeda dari keadaan normal,” ujar Kristin Zhao, insinyur biomedis di Mayo Clinic di Rochester, New York.

Ia menjelaskan, pergerakan saat menggunakan smartphone tergolong berbeda dari biasanya dimana membutuhkan tekanan pada ibu jari, bukan sekedar gerakan bebas di udara.

Hal tersebut diduga adalah penyebab rasa sakit yang dapat berujung pada osteoarthritis.

Salah satu cara mencegah terjadinya hal tersebut adalah dengan mengistirahatkan jari-jari beberapa saat dan melakukan beberapa olahraga pemanasan agar tendon melentur.

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s